anies

Anies: Kami Tidak Berniat Mengganti Kurikulum 2013

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan mengatakan, saat ini kementeriannya tidak berniat untuk mengubah Kurikulum 2013. Menurut Anies, program kementeriannya saat ini adalah menyempurnakan kurikulum yang sudah ada.

“Kami tidak berniat mengganti kurikulum. Kami hanya ingin melakukan evaluasi untuk menyempurnakan kurikulum itu,” ujar Anies, seusai bertemu dengan kepala dinas pendidikan provinsi, kabupaten/kota se-Indonesia, Senin (1/12/2014).

Anies mengatakan, hasil evaluasi dari tim evaluasi kurikukum yang dipimpin oleh Dirjen Pendidikan Menengah akan diketahui pada pekan ini. Ia berharap waktu yang diperlukan untuk penyesuaian kurikulum dapat dilakukan secara cepat agar bisa diterapkan pada periode belajar semester II.

Anies mengatakan, tim evaluasi akan menilai secara obyektif mengenai kurikulum yang sudah berjalan. Narasumber tim evaluasi, sebut Anies, juga akan melibatkan berbagai kalangan. Salah satu yang dibahas oleh tim evaluasi adalah penyesuaian kurikulum antara daerah dan kota.

Meski demikian, Anies juga mengkritik pelaksanaan Kurikulum 2013 yang mulai dilaksanakan tanpa melalui proses evaluasi terlebih dahulu. Padahal, menurut dia, sudah ada aturan yang mengharuskan evaluasi sebelum suatu kurikulum digunakan.

“Kurikukum berevaluasi, gonta-ganti hanya bikin repot semua orang. Padahal, sudah ada peratuan pemerintah, kalau buat perubahan, itu harus evaluasi dulu, baru diterapkan,” kata mantan Rektor Paramadina itu.